Home » , , » Ada Pungli, KBMC Adukan PANWASLU Cimarga ke PANWASLU Kabupaten Lebak

Ada Pungli, KBMC Adukan PANWASLU Cimarga ke PANWASLU Kabupaten Lebak

Written By Seputar Lebak on Senin, 11 Juli 2011 | 04.35

RANGKASBITUNG, (SL) - Perwakilan mahasiswa dari Keluarga Besar Mahasiswa Cimarga (KBMC) kemarin siang mengadukan dugaan adanya praktek pungutan liar (pungli) dalam rekrutmen Panitia Pengawas Lapangan (PPL), yang dilakukan oleh oknum anggtota PANWASLU Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten.
Pengaduan yang dilaporkan oleh sejumlah mahasiswa dari KBMC ini diterima langsung oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kabupaten Lebak Saefudin Asy Syadizily, S.Ag diruang kerjanya secara tertutup, Senin (11/07).
KBMC mengadukan bahwa adanya temuan pungutan sejumlah uang yang dilakukan oleh oknum anggota PANWSLU Kecamatan Cimarga kepada salah seorang korban dan hal tersebut harus segera ditindak tegas karena telah melanggar kode etik PANWASLU itu sendiri. Ditemui seusai audiensi dengan Ketua PANWASLU Lebak, Ketua KBMC Abu Sofyan mengatakan, bahwa ada praktek pungutan oleh oknum PANWASLU Cimarga berinisial UJ kepada salah seorang korban dengan bukti melalui pesan singkat atau SMS. Kata Abu, bukan tidak mungkin hal serupa juga terjadi di kecamatan lain dalam proses rekrutmen PPL, "ini baru temuan di kecamatan Cimarga, dan tidak menutup kemungkinan hal serupa juga terjadi di 27 kecamatan lainnya di Lebak" ujar Abu. "Kami datang ke PANWASLU Lebak, mengadukan bahwa ada indikasi penyelewengan kode etik. Dengan adanya pungutan uang sebesar Rp 500 ribu untuk dijanjikan masuk ke PANWAS, maka kami meminta klarifikasi dan segera diselesaikan masalah tersebut" tegas Abu Sofyan kepada Seputar Lebak. Namun hal tersebut dibantah langsung oleh Ketua PANWASLU Lebak dengan mengatakan, bahwa hal tersebut tidak benar karena permasalahan ini hanya mis komunikasi bukan berkaitan dengan lembaga. "Siapapun masyarakat yang ingin masuk menjadi anggota PPL dan memenuhi syarat silahkan mendaftar, dan tidak sama sekali dikenakan biaya" ungkap Saefudin. Dirinya menambahkan, bahwa kedatangan mahasiswa dari KBMC adalah untuk menanyakan sejauh mana kinerja dan action PANWASLU Kecamatan Cimarga semenjak dilantik. "Dalam pertemuan tadi mahasiswa juga menanyakan sejauh mana action PANWAS Keacamatan Cimarga sejak dilantik kemarin" kata Saefudin. (arie)

0 komentar: