Home » » Idul Adha Semangat Berbagi

Idul Adha Semangat Berbagi

Written By Seputar Lebak on Minggu, 06 November 2011 | 17.18



PANDEGLANG, (Seputar Lebak) – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriyah yang jatuh pada Minggu (6/11) kemarin dirayakan oleh seluruh masyarakat Pandeglang. Salah satu perayaan Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban sebagai simbol pengorbanan dan berbagi terhadap sesama.
Bupati Erwan Kurtubi dalam acara Open House di Pendopo Kabupaten Pandeglang mengatakan, Hari Raya Idul Fitri adalah simbol pengorbanan dan rasa solidaritas terhadap sesama sehingga akan tercipta rasa saling menghargai dan menyayangi. “Saya secara pribadi dan atas nama Pemkab Pandeglang mengucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin. Jadikan momentum Idul Adha sebagai ajang bebagi dan menumbuhkan solidaritas terhadap sesama,” kata Erwan di Pendopo, Minggu (6/11) kepada Seputar Lebak.


Sementara perayaan Idul Adha di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Pandeglang diadakan acara pemotongan hewan kurban. Kepala Rutan Klas IIB Pandeglang Kunrat Kasmiri mengatakan, hewan kurban berupa satu ekor kerbau berasal dari iuran warga Rutan, para keluarga warga Rutan serta Petugas Rutan dan satu ekor kambing dari pemberian Pemkab Pandeglang.
“Setelah disembelih daging kurban tidak langsung dibagikan kepada warga Rutan sebab repot bila semua harus memasak daging, jadi cukup kita masak di dapur dan baru setelah matang daging dibagikan kepada warga Rutan. Lumayan mereka (warga Rutan, Red) bisa mendapatkan tambahan makanan bergizi di hari Idul Adha ini,” katanya.
Dirinya sangat berterimakasih atas bantuan hewan kurban yang telah diberikan ke Rutan Klas IIB Pandeglang karena pemberian hewan kurban bisa ikut membantu para warga Rutan merasakan perayaan Idul Adha. “Kita mencoba berbagi dengan para warga Rutan agar mereka bisa ikut merasakan perayaan Idul Adha,” ucap Kunrat.
Ditempat terpisah, Dewan Keluarga Masjid (DKM) Syehk Aliyudin di Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo membagikan puluhan kilogram daging sapi kepada sekitar 600 warga Desa Palurahan. Lima ekor sapi hasil sumbangan dari warga Desa Palurahan disembelih di halaman Masjid Syehk Aliyudin.
Kepala Desa Palurahan Heri Abdul Halim mengatakan, acara penyembelihan hewan kurban ini rutin dilakukan setiap tahun atas sumbangan masyarakat Desa Palurahan. “Lima ekor sapi itu hasil sumbangan dari warga Desa Palurahan yang bekerja di Jakarta dan ada juga sumbangan dari warga yang tinggal disini. Saya sangat berterimakasih kepada para dermawan yang telah menyisihkan sebagian hartanya dan semoga menjadi nilai ibadah,” ujar Heri.
“Kita telah menyebarkan sebanyak 580 kupon kepada warga di tujuh kampung di Desa Palurahan dan warga luar Desa Palurahan, pembagiannya kita lakukan merata kepada semua warga baik yang mampu maupun tidak mampu. Saya bersyukur karena penyembelihan hewan kurban tahun ini adalah yang paling banyak dibanding tahun sebelumnya,” pungkasnya. (ar)

0 komentar: