Home » » Bazda Lebak Bantu Modal Pedagang Kecil

Bazda Lebak Bantu Modal Pedagang Kecil

Written By Seputar Lebak on Kamis, 29 Maret 2012 | 03.21


RANGKASBITUNG, – Sedikitnya 105 pedagang kecil di Kabupaten Lebak, Rabu (21/3) menerima bantuan permodalan bergulir dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Lebak. Bantuan modal itu secara simbolis diserahkan Ketua Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Lebak, Amir Hamzah.
Wakil Ketua Seksi Pemberdayaan Bazda Kabupaten Lebak, CR Nurdin mengatakan, masing-masing pedagang atau usaha mikro lainnya menerima bantuan dana bergulir sebesar Rp500 ribu dan diwajibkan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 10 bulan.
“Penerima bantuan juga dibebaskan dari bunga pinjaman. Tapi Bazda tidak akan menolak jika ada kelompok usaha atau padagang kecil yang memberikan infaknya setiap mereka mengangsur pinjamannya. Pinjaman ini sudah merupakan program Bazda dan rutin kami gulir untuk pedagang kecil yang membutuhkan bantuan modal. Tahun ini Bazda menggulirkan dana sebesar Rp53 juta,” ujar CR Nurdin.

Program pinjaman dana bergulir Bazda itu lanjut CR Nurdin, sudah lama digulirkan Bazda. Tujuannya, tidak lain untuk membantu para pedagang kecil yang memiliki usaha, tapi tidak didukung oleh modal yang cukup. “Alhamdulillah selama program ini digulirkan, sudah sekitar 700 pedagang kecil yang kami bantu permodalannya,” katanya.
Sementara Ketua Bazda Kabupaten Lebak, Amir Hamzah mengatakan, bantuan permodalan itu tidak lepas dari peran pemkab Lebak. Kata Amir, kebijakan Pemkab Lebak mewajibkan infak dan zakat bagi pengusaha dan PNS melalui Bazda. Dana yang terkumpul dari pengusaha dan PNS itulah yang digunakan untuk membantu modal para pedagang kecil.
“Sebenarnya masih banyak program Bazda lainnya. Diantaranya program bea siswa hafal Al-Qur’an, program bedah rumah janda jompo, pembagian sembako, membantu Masdjid dan lain sebagainya,” terang Amir.
Para pengelola Bazda, lanjut Amir, tidak punya kepentingan apapun, kecuali untuk kepentingan masyarakat. “Tidak ada sepeserpun pungutan untuk kepentingan pribadi, ini murni untuk membantu masyarakat,” ungkap wakil Bupati Lebak ini.
Sementara itu Susanti, warga Kampung Cibeureum, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar yang menerima bantuan dana bergulir mengatakan, dirinya merasa terbantu oleh program yang digulirkan Bazda Kabupaten Lebak itu.
Produksi kripik dan opak singkong yang digelutinya kata Susanti, kini mengalami kemajuan setelah mendapat suntikan dana dari Bazda. “Alhamdulillah, dengan adanya bantuan modal ini usaha lebih menggeliat lagi,” katanya.(RIS)

Source : http://bantenpos-online.com/2012/03/22/bazda-lebak-bantu-modal-pedagang-kecil/





0 komentar: