Home » » Calon Hari Wajib Vaksin Mengitis

Calon Hari Wajib Vaksin Mengitis

Written By Seputar Lebak on Rabu, 21 September 2011 | 06.08

RANGKASBITUNG, (Seputar Lebak) – Sebanyak 602 orang calon haji asal Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (21/9) dan Kamis (22/9) akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi mengitis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak di RSUD Adjidarmo Lebak yang dimulai pada jam 09:00 sampai dengan 16:30 WIB.
“Pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin dilakukan selama dua hari kepada seluruh calon haji yang tersebar di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak. Besok (hari ini-Red) akan dilakukan vaksin kepada calon haji di 12 kecamatan dan sisa 16 kecamatan akan dilakukan esok harinya (Kamis. 22/9).” ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Ujang Zarkasih, Selasa (20/9) kepada Seputar Lebak.
Zarkasih menjelaskan, besok (hari ini) pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi akan dilakukan kepada calon haji yang berasal dari 12 kecamatan yaitu kecamatan Rangkasbitung, Kalanganyar, Cibadak, Warunggunung, Cikulur, Cimarga, Maja, Leuwidamar, Cipanas, Lebak Gedong, Sajira dan Cileles. Kemudian sisa 16 kecamatan akan dilakukan pada Kamis (22/9).


“Kita atur pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin kepada calon haji mulai dari kecamatan terdekat dahulu baru kemudian sisa 16 kecamatan besok harinya. Karena pada hari Jumat (23/9) rencananya akan dilakukan manasik haji di Alun-alun Rangkasbitung, agar calon haji yang dari jauh tidak harus bolak-balik lagi” katanya.
Lanjut Zarkasih, bahwa saat ini ada penambahan jumlah calon haji di Lebak, dari jumlah awal sebanyak 578 menjadi 602 orang calon haji, hal tersebut dikarenakan adanya penambahan quota jemaah haji dari pemerintah Arab Saudi. Pihaknya menghimbau kepada para calon haji agar tetap menjaga kesehatan selama pemberangkatan, di Arab Saudi dan saat kembali ke tanah air nanti, karena saat ini cuaca di Arab Saudi sedang memasuki musim panas.
Ditemui terpisah, Kabid Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2P dan PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, dr Sri Agustin mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenag Lebak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi calon haji di RSUD Adjidarmo Lebak.
“Vaksin Menveo Meningococcal Group A, C, W 135 dan Y Conjugate Vaccine yang diberikan kepada calon haji di Lebak itu langsung dari pemerintah pusat, Kita hanya melaksanakan saja dan itu diberikan gratis kepada calon haji. Rencana pemberian vaksin akan dilakukan besok (hari ini) di RSUD Adjidarmo Lebak oleh sekitar 40 orang dari Dinkes Lebak termasuk Pak Kadinkes sendiri yang langsung memantau” tutur dr Sri Agustin.
Dirinya menjelaskan, pemberian vaksin mengitis kepada calon haji adalah untuk pencegahan penyakit mengitis yang secara notabe Arab Saudi adalah termasuk wilayah endemic penyakit mengitis. Kekuatan pemberian vaksin mengitis kepada calon haji dapat bertahan selama 2 tahun kedepan.
“Kita himbau kepada calon haji untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap berolah raga agar kondisi badan tetap bugar selama menjalankan ibadah haji” imbuhnya. (ari)

0 komentar: