Home » , » Selama Dua Tahun, Penderita HIV/AIDS di Lebak Meningkat

Selama Dua Tahun, Penderita HIV/AIDS di Lebak Meningkat

Written By Seputar Lebak on Selasa, 05 Juli 2011 | 08.21

RANGKASBITUNG, (SL) – Jumlah penderita terinfeksi Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Lebak selama dua tahun terakhir mengalami peningkatan, data yang keluarkan oleh Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Lebak menyebutan pada tahun 2010 tercatat 11 kasus dan data per bulan Juni 2011 tercatat sebanyak 15 kasus HIV/AIDS.
Kasus penularan HIV/AIDS di Lebak banyak ditularkan melalui hubungan seksual dan diderita oleh pasangan suami istri pada usia produktif. Ditemui di ruang kerjanya , KASI P2M DINKES Lebak, dr. Nining Tilawah menyatakan bahwa penderita HIV/AIDS selama dua tahun terakhir mengalami peningkatan. Hal ini banyak terjadi karena ketidak pahaman bahaya dan penularan HIV/AIDS. “Kita tidak dapat mengetahui jumlah penderita HIV/AIDS secara riil di Lebak, karena keterbatasan dana untuk melakukan pendataan kepada penderita HIV/AIDS.”
Dirinya menambahkan, bahwa saat ini sudah ada klinik VCT (Voluntery Consoling Testing) di RSUD Adji Darmo, yang dibuka secara gratis untuk masyarakat umum. Setiap harinya klinik VCT melayani konsultasi dan pemeriksaan HIV/AIDS. “Bahwa sejak bulan Oktober tahun lalu (2010-Red) sudah dibuka klinik VCT di RSUD Adji Adrmo secara gratis, agar masyarakat mau memeriksakan kesehatannya” ungkapnya. (Ari)

0 komentar: