Home » » KPA Konseling AIDS di PT CSD

KPA Konseling AIDS di PT CSD

Written By Seputar Lebak on Rabu, 30 November 2011 | 08.15

PANDEGLANG, (SL) – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Pandeglang bekerjasa dengan Klinik Teratai RSUD Serang dan manajemen PT Cibaliung Sumber Daya (CSD) menggelar mobile konseling yang dipusatkan di lingkungan perusahaan tambang emas ini, Senin (28/11). Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari AIDS se dunia yang jatuh pada 1 Desember 2011 mendatang.
Ketua Pelaksana Harian KPA Pandeglang Siti Erna Erwan mengungkapkan, konseling yang dilakukan di PT CSD sejalan dengan tema Hari AIDS 2011 yakni menghapuskan stigma dan diskriminasi di dunia kerja. “Tim KPA Pandeglang cukup komit ntuk terus menkampanyekan penanggulan HIV/AIDS khususnya di dunia kerja. Kami bersyukur karena manajemen PT CSD juga memberikan respon positif dan mereka juga sadar jika kesehatan karyawannya memang sangat penting,” jelasnya.


Ketua Pokja Penanggulangan HIV/AIDS KPA Pandeglang Dr Asmani Reneyanti menyatakan, mobile konseling kali ini bertepata dengan kegiatan medical chek up rutin PT CSD yang dilaksanakan dari 28-30 November 2011. Katanya jumlah peserta konseling dihari pertama sebanyak 150 orang karyawan. “Kami menargetkan semua karyawan sebanyak 518 orang juga dikonseling sehingga tidak ada yang tercecer,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Tim Konseling Global Fund Dinkes Kesehatan Provinsi Banten, Taufik Darmawan menyatakan, konseling bertujuan untuk mengidentifikasi karyawan yang terinfeksi HIV/AIDS. “Kalau sudah teridentifikasi kedepannya diharapkan bisa memutus rantai penyakit, mengobati, dan mendampingi pasien jika memang ada yang terindikasi,” kata Taufik disela-sela konseling.
Terkait dengan kegiatan ini, dokter yang bertugas di PT CSD Dr Rais Syaeful Haq kegiatan konseling sangat mendukung Kep Menakertrans No 68/2004 mengenai pencegahan dan penanggulangan AIDS di tempat kerja. “Semoga ke depannya di internal PT CSD dapat dibuat kebijkan tersendiri mengenai penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja serta untuk mendukung performance prestasi K3 perusahaan tambang. Salah satu isi performance K3 adalah mempunyai kebijakan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja,” jelas Dr Rais. (arie)


0 komentar: