Home » » Olahraga Bola Sundul Mulai Disosialisasikan

Olahraga Bola Sundul Mulai Disosialisasikan

Written By Seputar Lebak on Rabu, 30 November 2011 | 08.17

PANDEGLANG, (SL) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten dan Pandeglang, saat ini terus berupaya memperkenalkan jenis olahraga baru, yakni Bola Sundul kepada pelajar tingkat Sekolah Memengah Atas (SMA) di wilayah setempat. Bahkan, jenis olahraga yang pertama diperkenalkan di wilayah penemunya di Tangerang ini, kedepan di yakini akan menjadi salah satu cabang olahraga (Cabor) diberbagai event.
‘Olahraga bola sundul ini merupakan jenis olahraga baru. Baik untuk ukuran Banten maupun Nasional. Untuk itu, agar kedepan jenis olahraga ini bisa menjadi Cabor, maka kami pun saat ini terus berupaya semaksimal mungkin memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat, terutama para pelajar di sekolah,” terang Kepala Dispora Banten, Ir. H. Ubaidilah. As, disela-sela membuka acara sosialisasi jenis olahraga baru Bola Sundul di gedung Pemuda Pancasila (GP) Pandeglang, dihadiri sejumlah unsur terkait dn puluhan siswa SMA di Pandeglang, Senin (28/11).


Menurut dia, banyak keunikan yang terdapat dalam olahraga jenis bola sundul ini. Selain, permainannya simple, olahraga ini juga memiliki makna dan pilosofi yang kuat, khsunya untuk mengangkat wilayah Banten itu sendiri.
“Jenis olahraga ini sangat unik dimainkan. Dan, saya rasa olahraga ini juga sudah cocok untuk bisa dijadikan jenis Cabor baru. Namun, untuk penetuannya itu masih menunggu keputusan dari Dispora pusat, dan sejauh ini kami sudah mengusulkannya,” katanya.
Dikatakan, agar jenis olahraga ini bisa pamiliar dan benar dikenal oleh masyarakat. Untuk tahap awal sosialisasi pihaknya lebih mendahulukan perkenalan olahraga ini kepada para pelajar. Tidak hanya itu kedepan pihaknya bertekad untuk memasukan olahraga ini dalam sebuah mata pelajaran di sekolah atau ekstrakulikuler.
“Yah kemungkinan jenis olahraga ini di masukan pada ekstrakulikuler sekolah bisa saja dilakukan. Upaya ini untuk lebih memaksimal perkenalan olahraga ini kepada masyarakat. Saya optimis sekitar empat tahun kedepan olahraga ini akan semakin dikenal dan akan menjadi cabor,” katanya.
Pencetus jenis olahraga bola sundul, Iratmoko, mengatakan, terpikirnya ide pembuatan jenis olahraga bola sundul ini berawal dari ketertarikannya terhadap jenis olahraga lapang sejenis bola voly dan lainnya. Dari inspirasi itulah, terpikir olehnya untuk membuat sebuah olahraga jenis bola sundul tersebut.
“Saya memperhatikan seperti jenis voly lapangan, pantai dan lainnya dalam permainannya itu kan hanya mengunakan anggota tubuh bagian tangan saja dan juga pemainnya lima dan dua orang saja. Kenapa tidak empat orang dan kenapa pula tidak menggunakan kepala. Nah, dari pemikiran itu lah tercetus ide jika saya membuat olahraga bola sundul ini,” katanya.
Sementara Kadispora Pandeglang, Ferry Hasanudin, menyambut baik adanya perkenalan olahraga jenis baru tersebut. Menurutnya, keberadaan jenis olahraga baru ini jelas akan menambah khazanah keragaman olahraga yang ada khusunya di Banten.
“Kami sangat mendukung adanya jenis olahraga ini. Untuk itu, kami pun akan turut mensosialisasikan jenis olahraga ini,” katanya. (arie)


0 komentar: