Home » » Bersama Bupati Erwan, BI Serang Resmikan Kluster Kampung Domba

Bersama Bupati Erwan, BI Serang Resmikan Kluster Kampung Domba

Written By Seputar Lebak on Senin, 19 Desember 2011 | 06.16


PANDEGLANG, (SL) – Ditetapkannya Keluarahan Juhut sebagai lokasi kampung ternak domba terpadu di Kabupaten Pandeglang oleh Bupati Erwan pada tahun 2010 lalu, membuat kawasan Juhut kini menjadi klaster domba terbesar di Pandeglang. Bank Indonesia (BI) Serang pada tahun 2008 lalu telah memberikan bantuan domba kepada kelompok tani Cinyurup Mandiri kini elah membuahkan hasil.
Untuk memperkuat kerja sama, maka BI Serang meresmikan sarana pengembangan kalster ternak domba terpadu Juhut, Kamis (15/12). Acara peresmian klaster ternak domba terpadu ini dihadiri oleh sejumlah pejabat BI Serang, Bupati Erwan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus Tauchid, Kepala Badan Litbang Pertanian Banten Nilwa Aryani serta SKPD terkait.


Bupati Erwan dalam sambutannya mengatakan, sangat apresiatif atas kegiatan yang didukung oleh BI Serang. Hal ini, kata Erwan, bisa meningkatkan kualitas dan kuatintas peternakan domba di Juhut dan secara otomatis akan meningkatkan pendapatan masyakat sekitar. “Ini merupakan klaster ternak domba terbesar di Pandeglang dan saya harap disini (Juhut, red) bisa dimuli kebangkitan ekonomi Pandeglang. Kedepan kita berharap dalam produksi domba, Juhut ini menjadi Garut-nya Banten yang bisa menghasilkan domba terbaik,” kata Erwan.
Sementara Pemimpin BI, Andang Setyobudi mengatakan, sangat bangga atas keberhasilan kelompok tani Cinyurup Mandiri dalam mengembangkan ternak domba di kawasan Juhut. BI Serang, kata dia, akan terus mendukung upaya pengembangan sektor riil dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dilaksanakan stakeholder di daerah. Pendekatan yang dipakai oleh BI Serang dalam pengembangan sector riil dan UMKM adalah pengembangan komodit dengan pola klaster. “Sesuai MoU (Memorandum of Understanding, red) yang telah disepakati bersama Pemerinah Kabupaten Pandeglang kita mencoba mendorong kelompok tani untuk mengembangkan klaster ternak domba dengan baik. Pola klaster bersifat terintergrasi dari hulu ke hilir, tidak hanya ternak domba saja yang bisa dikembangakan para kelopok tani juga bisa mengembangkan tanaman agroisnis,” ujar Andang.
Dalam peresmian klastre ternak domba ini kelompok ani Cinyuruk Mnadiri mendapatkan bantuan rumah kompos, rumah biogas, bantuan domba dan gedung secretariat LKM-A. Penyerahan bantuan diberian secara simbolis diserhakan oleh Bupati Erwan, Pejabat BI Serang dan sejumlah SKPD lainnya. (AR)

0 komentar: